D - internet On Kamis, 20 Mei 2010
Sebagian besar orang dapat membuat account pada situs jejaring sosial, tetapi hanya sebagian kecil orang yang peduli bagaimana cara mengamankannya. Judul diatas memang sudah basi, akan tetapi tidak ada salahnya jika saya membahasnya lebih dalam lagi karena sebagian besar orang tidak begitu paham tentang pengamanan dari account mereka yang telah dibuat yang akhirnya sebagian besar dari mereka accountnya tercuri. Bagi yang sudah mengerti silahkan anda untuk tidak membacanya tetapi apa salahnya jika anda membacanya sebagai menambah wawasan, tidak rugi bukan???



Facebook atau yg sering disingkat FB ini memiliki daya tarik tersendiri karena sudah terbukti mengalahkan sosial networking lainnya, kini pandangan mata tertuju padanya sampai-sampai menuai kontraversi akibat penyalah gunaan layanan ini. Disini saya tidak membahas mengapa terjadi kontraversi, karna akan menghabiskan banyak waktu. Yaps kita langsung saja membahas bagaimana cara mengamankan account FB ini.

Mengapa ada orang yang iseng membajak account FB anda? atau istilah kerennya "hack". Tidak lain yaitu adanya harta terpendam dalam FB itu sendiri, seperti berupa uang dalam dunia maya seperti chip poker dari account itu sendiri. dan juga faktor kebencian atas seseorang atau rasa keingin tahuan terhadap apa yang dirahasiakan seseorang dalam FB nya.

Berikut ini tips dan trik mengamankan FB anda:

1. Amankan E-mail anda
karena e-mail adalah harta yang sangat berharga bagi seseorang yang mempunyai kehidupan dalam internet. Pilih opsi untuk tidak menampilkan alamat email pada FB anda terutama bagi pengguna Yahoo Mail, karena Yahoo Mail sangat-sangat berbaik hati dengan mengizinkan orang lain untuk menebak-nebak dua pertanyaan keamanan sebanyak 10 kali ketika ingin mereset account Yahoo Mail.

Buat pertanyaan yang sulit agar tidak mudah ditebak oleh orang lain dan usahakan jangan menjadi bahan tebak-tebakan seperti "Dimana anda berbulan madu?", seseorang akan menebaknya dibali, bandung, hawaii, pantai kuta, dll, sampai jawaban itu benar dan Jangan membuat password dengan data diri anda seperti tanggal lahir, nama dan sesuatu yg anda idolakan.

Reset password adalah suatu fitur apabila kita lupa password email kita, namun fitur ini dapat disalah gunakan. Orang lain bisa saja mereset password email kita seperti pembahasan yang sudah dijelaskan diatas. Untuk itu jangan meremehkan keamanan email kita dan berhati-hatilah kepada seseorang yang menanyakan tentang informasi data pribadi kita karena kemungkinan besar orang tersebut ingin mereset password email kita. Tehnik ini didunia maya dikenal dengan sebutan Social Enginering.

Sempatkan diri anda untuk membuka Email yang terhubung ke FB anda, khususnya Yahoo mail. Jike email kita dalam empat bulan tidak dibuka maka email kita akan dinonaktifkan atau dihapus. Ini beresiko terjadinya pembajakan account FB kita.


2. Berhati-hati dengan keylogger
"Apakah keylogger itu??" mungkin orang awam akan bertanya seperti itu. Keylogger adalah suatu aplikasi yang dapat merekam segala apa yang kita ketik pada keyboard. Keylogger bukan hanya aplikasi tapi ada juga yang berupa hardware, yaitu suatu alat yang dipasang diujung keyboard, keylogger seperti ini tidak dapat terdeteksi oleh antivirus atau anti spyware. Maka dari itu, periksalah jika anda online ditempat umum, apakah diujung keyboard ada sambungan alat lagi yang terhubung ke komputer seperti gambar dibawah ini.

Keylogger (Jenis Hardware)


Keylogger yang sudah terhubungan dengan keyboard


Keylogger yang sudah terkoneksi ke CPU
Keylogger Jenis USB

Diatas adalah gambar hardware keylogger yang didapat dari hasil pencarian di mesin google dan bertujuan untuk memberikan gambaran kepada pembaca. Penulis tidak mempunyai hardware keylogger macam itu, atau singkat katanya kami bukan pelaku. ;D

Gunakanlah "On-Screen Keyboard" ketika anda ingin mengetik Username dan password pada sebuah menu login agar tidak terekam oleh keylogger. pada OS windows pilih: Start >> All Programs >> Accesories >> Accessibility >> On-Screen Keyboard


On-Screen Keyboard


dan jangan lupa satu lagi, gunakan software anti keylogger seperti: KeyScrambler Personal, I Hate Keyloggers, PSMAntiKeyLogger, SnoopFree Privacy Shield, MyPlanetSoft Anti-Keylogger

Beberapa Antivirus sudah dapat mengenali beberapa software Keylogger ternama, ini memberikan anda sebuah kenyamanan dalam melakukan aktifitas berkomputer jika anda memanjakan Antivirus yang anda gunakan untuk selalu mengupdatenya secara berkala. Untuk itu diharuskan menyertakan Antivirus dalam sistem komputer anda untuk melindunginya dari serangan Spyware (software mata-mata) dan tidak lupa untuk mengaktifkan Firewall.

Antivirus ganda, pentingkah?? Yaps, penting sekali. Kita dapat memasang lebih dari dua antivirus sekaligus dalam satu sistem komputer dan ada baiknya untuk menduetkan Antivirus lokal dengan Antivirus luar.


3. Kenali Fake Login
Fake login atau bisa juga disebut fishing adalah sebuah tehnik memalsukan halaman login, ketika seseorang login dihalaman palsu maka Username dan Password kita akan terkirim kepada si pelaku. Jenis penyerangan ini sangat lebih berbahaya lagi ketika si pelaku memalsukan halaman login e-banking.

Perhatikan Alamat web yang anda tuju dengan cermat.




Seseorang dapat saja membuat halaman login palsu tetapi tidak dapat membuat alamat web (domain) yang sama seperti contoh diatas, hanya facebook yang punya alamat web http://www.facebook.com. Apa itu dapat menghentikan langkah mereka?? Tidak, sebab masih banyak jalan yang dapat ditempuh. Mereka bisa saja meniru alamat web tersebut, dalam istilah gaulnya plesetan. Bisa seperti ini: facbook.com, facebouk.com, facebooklogin.com, dll. Jika kurang cermat maka calonkorban akan terkecoh dan akhirnya terjebak.

Contoh tampilan login palsu


Ada beberapa hal yang mencurigakan pada gambar diatas yang ditandai dengan lingkaran hitam, inilah salah satu dari contoh halaman login facebook palsu.



0 komentar:

Poskan Komentar